Ali
Blog Universitas Komputer Indonesia

CLUSTERING SERVER (Tipe Cluster Server)

2.      Tipe Cluster Server
a.      Fail Over Cluster ( High Availability)
Konsep Fail Over Cluster sebetulnya sama dengan konsep dasar cluser server, yakni membackup kinerja salah satu server yang terhubung. Pada tipe ini, terbagi menjadi 2 macam yaitu Active-Passive Cluster (Gambar 1) dan Active-Actice Cluster (Gambar 2). Perbedaannya adalah sebagai berikut :
·         Active – Passive Cluster
Dimana satu server menjalankan semua service (active) , dan satunya lagi standby (passive), dimana server yang standby ini akan menjalankan semua service jika ada kegagalan di server yang aktif
·         Active – Active Cluster
Dimana keduanya menjalankan service, server 1 menjalankan service httpd, dan server 2 menjalankan service mysql, jika terjadi kegagalan salah satu server maka server lainnya akan menjalankan seluruh service yang ada di server yang rusak tersebut.
 
 
b.      Load Balancing Cluster
Load Balancing Cluster adalah cluster yang berfungsi sebagai traffic management sehingga beban request dari client terbagi ke server. Misalkan, ada 4 client dan 4 server. Jika 4 client tersebut mengakses Internet, maka beban akses Internet dari 4 client tersebut tidak akan dilimpahkan kepada 1 server saja melainkan dibagi rata ke 4 server.
c.       Global Cluster
Global Cluster, adalah failover cluster dalam sekala global, global cluster dibuat sebagai DRC (Disaster Recovery Centre) , atau mencegah adanya kerusakan akibat bencana alam / mati listrik total , biasanya global cluster menggunakan koneksi wan dan datanya di replicate , jadi kedua server memiliki data yang sama.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 04 Juli 19 - 13:08 WIB
Dibaca sebanyak : 24 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback